Berbagai Macam Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil



Memilih buah yang bagus untuk ibu hamil yang tepat dan sesuai sangatlah penting, karena asupan makanan bernutrisi memiliki banyak pengaruh pada kehamilan. Selain mengkonsumsi sayuran, para ibu hamil juga disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi berbagai macam buah yang baik untuk ibu hamil.

Beberapa Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil :
  •  Kurma 
     
  • Buah Alpukat 
  • Buah Naga
  • Buah Apel
  • Buah Manggis

Hampir seluruh buah merupakan makanan yang baik bagi ibu hamil. Bahkan mitos yang mengatakan bahwa pepaya, nanas, atau durian merupakan buah yang buruk untuk ibu hamil hanyalah mitos belaka. Penelitian menyebutkan bahwa berbagai macam buah bila di makan dalam jumlah yang tepat akan memberikan manfaat yang baik bagi ibu hamil.

Rekomendasi Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil : 
  •  Alpukat : Asam folat yang terkandung dalam alpukat menjadikan buah ini sebagai buah yang bagus untuk ibu hamil. Asam Folat membantu perkembangan saraf janin serta menyempurnakan pertumbuhan struktur saraf dan tulang belakang janin anda pada saat trimester 1. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan risiko depresi, anemia, insomnia, dan penyakit preeclampsia. Alpukat juga mengandung Vitamin C, E, K, B1, B2 dan B6 yang semuanya di perlukan oleh tubuh ibu dan anak untuk menjalankan fungsinya. Nilai tambah alpukat juga ada di lemak baik yang dikandungnya.
  • Anggur : Banyak mitos yang mengatakan bahwa buah anggur merupakan buah yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil. Namun sebaliknya, ternyata kandungan Vitamin A akan membantu ibu menstabilkan dan menyeimbangkan laju metabolisme tubuh. Anggur juga merupakan sumber asam folat, kalium, fosfor, magnesium, dan natrium yaitu mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi lebih optimal.
  • Jambu Batu : Jus jambu batu ternyata tidak hanya baik bagi penderita penyakit demam berdarah, namun juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Rasanya yang asam manis dan menyegarkan akan membantu ibu hamil menghilangkan sensasi mual dan muntah. Selain itu banyak pula ibu hamil yang mengidam buah jambu batu saat hamil. Jambu batu kaya akan Vitamin yaitu C, E, ISO FLAVONOID, Karotenoid dan Polifenol. Jambu batu akan membantu ibu hamil memiliki sistem imunitas yang baik serta peredaran darah yang baik. Jambu batu juga akan memperlancar pencernaan ibu hamil dan membantu perkembangan saraf janin dalam kandungan ibu hamil.
  • Lemon : Buah Lemon yang terkenal dapat membantu program diet bila dijadikan water infusion ternyata juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil. Rasa asam namun menyegarkan dalam buah ini akan membantu ibu hamil dalam mengurangi rasa mual, morning sickness dan beberapa masalah dalam kehamilan lainnya. Lemon mengandung banyak Vitamin C dan antioksidan yang baik untuk sistem pertahanan tubuh dan perbaikan sel tubuh yang rusak. Selain lemon, jeruk, jeruk nipis, dan buah semacam ini memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sama bagusnya.
  • Mangga : Berbahagialah bila ibu hamil mengidam mangga, buah yang asam dan manis ini merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena kandungan Vitamin A, C, E, Antioksidan serta serat yang cukup tinggi. Vitamin C akan membantu sistem imunitas atau pertahanan tubuh si ibu hamil sehingga membantunya menghindari penyakit infeksi. Vitamin C dan serat yang terkandung di buah mangga dapat membantu proses pencernaan ibu hamil sehingga menghindarkan ibu hamil dari kondisi konstipasi atau sulit bab. Konsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil ini dan masukkan ke dalam makanan selingan anda sehari-hari.
  • Pisang : Vitamin yang terkandung di dalam buah pisang ternyata sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan anda. Pisang mengandung asam folat Vitamin C, B6, Kalium, dan magnesium. Asam folat merupakan zat yang wajib di konsumsi oleh ibu hamil, mengingat perannya yang sangat penting dalam perkembangan saraf janin.
  • Semangka : Buah yang banyak mengandung air ini ternyata memiliki kandungan Vitamin A, C, B6 serta magnesium dan kalium yang banyak. Mineral magnesium dan kalium akan sangat membantu ibu hamil mempertahankan fungsi pertahanan tubuh pada masa kehamilan. Bila di konsumsi di trimester ke tiga, semangka dapat mengurangi rasa tidak enak di lambung, pembengkakan di kaki dan tangan serta menjaga otot anda tidak terasa kram. 
  • Strawberry : Buah yang kecil merah dan terasa asam manis ini dapat menjadi makanan selingan yang sangat baik untuk ibu hamil. Seperti alpukat dan pisang, strawberry memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak. Strawberry dapat membantu pertumbuhan tulang janin anda sehingga menjadikannya lebih kuat. Tidak heran bila strawberry merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil.
Hampir semua buah mengandung jumlah serat yang cukup banyak. Ini berarti, mengkonsumsi buah dengan teratur selama masa kehamilan dapat membantu ibu hamil dalam menghindari konstipasi. Konsumsilah buah-buahan serta makanan yang baik bagi ibu hamil.
Previous
Next Post »
0 Komentar