Khasiat dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jahe yang juga memiliki nama latin (zingiber officinale) ini sudah di kenal sejak ribuan tahun yang lalu. Jahe di perkirakan berasal dari daratan Cina Selatan, yang kemudian menyebar keseluruh Asia, Eropa, Amerika latin hingga Afrika. Hampir ada dalam berbagai menu masakan oriental, baik berupa, goreng, kukus,bakar, hingga tumisan.

Manfaat Jahe terutama karena kandungan senyawa seperti minyak atsiri zingiberena (zingirona), bisabolena, gingerol, resin pahit, kurkumen filandrena, dan zingiberol.

Terlepas dari manfaat kesehatan yang terkandung, jahe menawarkan rasa dan aroma khas yang menambah sedap masakan. Jahe juga bisa di gunakan untuk membantu menghilangkan bau amis makanan seperti udang, ikan, dan unggas.


Khasiat dan Manfaat Jahe :
  • Menghilangkan Sakit Kepala jahe tidak hanya membantu mengurangi rasa mual, tetapi juga bermanfaat untuk memerangi sakit kepala. Karena dalam jahe mengandung anthistamin dan anti inflamasi. 
  • Menghilangkan Jerawat cara menghilangkan jerawat dengan memakai jahe : Kupas kulit satu siung jahe berukuran kecil, bersihkan hingga bagian warna coklatnya mengelupas dan terlihat bagian dalam yang berwarna kuning. Iris jahe hingga ke tebalannya sekitar 1/4 inci. Bersihkan wajah dengan cara membilasnya dengan air. Aplikasikan jahe yang sudah diris ke seluruh area wajah sambil berikan pijatan perlahan. Putar-putar hingga jahe mengeluarkan cairan berminyak. Berbaringlah dan letakkan jahe di seluruh permukaan wajah. Diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas lagi wajah dengan air dan keringkan dengan handuk lembut.
  • Batuk dan Sakit Tenggorokan Gingerol pada Jahe yang sebelumnya sudah di jelaskan dapat melancarkan peredaran darah. Kandunga gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Jika mengkonsumsi Jahe berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam obat-obatan kimia.
  • Jahe Bersifat Anti Alergi Manfaat Jahe bersama ekstrak biji anggur dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang sering sekali dapat terjadi selama musim alergi.
  • Memerangi Sel Kanker Kandungan Nutrisi yang terdapat pada Jahe dapat bermanfaat untuk membantu meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Pada sejumlah studi mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak jahe dapat memerangi berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium dan kanker usus.
  • Pereda Nyeri dan Sendi Kaku Dalam sebuah uji klinis bahwa dapat disimpulkan Jahe ternyata dapat menghilangkan rasa sakit pereda nyeri dan sendi kau, meningkatkan pergerakan pada sendi serta mengurangi pembengkakan yang terkait dengan Rheumatoid Arthritis. Manfaat Jahe yang lainnya juga dapat untuk membantu meredakan nyeri pada punggung dan sakit kepala seperti migrain.
  • Menurunkan Kolesterol Pada sejumlah studi bahwa telah menunjukkan dengan mengkonsumsi Jahe secara efektif dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan juga hati. Kandungan gingerol yang terdapat dalam Jahe juga memiliki efek yang bersifat antikoagulan yang mampu untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah.
 Dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat Jahe untuk kesehatan tubuh anda.
Previous
Next Post »

1 komentar